Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA-Fisika
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2016 / 2017
Materi : Listrik Statis
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
1.1
Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2
Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan
magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan
teknologi untuk mempermudah kehidupan.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki sikap Jujur;
Disiplin; Tanggung jawab; Toleransi; Gotong royong; Sopan santun; dan percaya
diri) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan.
3.
Menjelaskan
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
C. Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian listrik stats
2.
Menjelaskan gejala
listrik statis
3.
Menyebutkan
hewan yang mengandung listrik
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian listrik statis
2.
Peserta didik
dapat menjelaskan gejala listrik statis
3.
Peserta didik
dapat menyebutkan contoh hewan mengandung listrik
E. Materi Ajar
· Listrik Statis
F. Model dan Metode Pembelajaran
· Model pembelajaran : Inkuiri
Terbimbing
· Metode pembelajaran : Eksperimen dan diskusi
G. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan
Saintifik
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
menyampaikan salam kepada peserta didik
2.
Peserta
didik yang muslim membaca surat
Al-Fatiha bersama guru, sedangkan peserta didik non muslim menyesuaikan.
3.
Guru mengecek
kehadiran siswa.
Mengamati
4.
Apersepsi dan
motivasi
·
Guru
melakukan demonstrasi sebagai berikut:
Gejala
listrik statis
·
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan
pendapat mengenai demonstrasi yang telah diamati.
5. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan
pendapat mengenai demonstrasi yang telah dilakukan.
|
20 menit
|
Inti
Orientasi
Merumuskan Masalah
Merumuskan hipotesis
Mengumpulkan data
Menguji hipotesis
Merumuskan kesimpulan
|
1.
Guru
menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dpat dica[ai
oleh peserta didik.
2.
Peserta didik
membentuk kelompok 5-6 anggota secara heterogen melalui bimbingan guru.
Kemudian guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kepada masing-masing
kelompok.
3.
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkaji masalah yang
terdapat pada LKPD yang telah dibagikan.
Menanya
4.
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya berdasarkan masalah
yang telah dikaji pada LKPD.
5.
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk menjawab pertanyaan
yang disampaikan oleh peserta didik.
6.
Guru
membimbing peserta didik untuk merumuskan hipotesis berdasarkan masalah yang
telah dikaji pada LKPD.
Mencoba
7.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk menguji hipotesis dengan melakukan percobaan listrik
statis
8.
Masing-masing
kelompok melakukan percobaan berdasarkan panduan pada LKPD yang telah
dibagikan
Mengasosiasi
9.
Peserta didik
berdiskusi dengan teman satu kelompok untuk menjawab pertanyaan yang terdapat
di LKPD untuk mengevaluasi hipotesis dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil
percobaan yang telah dilakukan.
Mengkomunikasikan
10.
Guru
memberikan kesempatan kepada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil
percobaan di dalam kelas.
11.
Guru
mengarahkan kelompok lain untuk memberikan tanggapan berupa pertanyaan terhadap
hasil presentasi.
12.
Peserta didik
pada kelompok yang menyajikan presentasi menanggapi pertanyaan yang diajukan
dari kelompok lain.
13.
Guru memberikan
penjelasan tambahan mengenai materi yang dipresentasikan, jika diperlukan.
|
40
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman mengenai materi yang telah
dipelajari di selembar kertas.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik mengumpulkan rangkuman yang telah ditulis di
selembar kertas.
3.
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik.
4.
Peserta
didik yang muslim membaca surat
Al-Ikhlas bersama guru, sedangkan peserta didik non muslim menyesuaikan.
5.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam
|
20 menit
|
I. Media / Alat dan Bahan / Sumber Belajar
·
Media :
Power Point Listrik Statis
·
Alat dan Bahan : Polpen, kertas tisu dan kain
·
Sumber Belajar :
1.
Buku Siswa IPA
SMP kelas IX Kurikulum 2013
2.
Buku Guru IPA
SMP kelas IX Kurikulum 2013
J. Penilaian
1.
Pengamatan Sikap
2.
Kegiatan Peserta Didik
3.
Tes Hasil Belajar
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) (Mohammat Ari Ansar)
NIP. A 202 17 003
DOWNLOAD PDF DISINI
Youtube : Pengenalan Blog
https://www.youtube.com/watch?v=LgKDOfw5xec
Playstore : Aplikasi Bahan Ajar
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ansarazhari.Bahan_ajar_listrik_statis_smp
KEMDIKBUD :
https://www.kemdikbud.go.id/
Wah bisa selesai tugas ku min, trims
BalasHapusIzin copas
BalasHapusMin, apa bedanya inkuiri terbimbing dan inkuiri ajaa?