Minggu, 08 April 2018

RPP IPA-FISIKA, LISTRIK STATIS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah               : SMP
Mata Pelajaran    : IPA-Fisika
Kelas/Semester   : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran   : 2016 / 2017
Materi                  : Listrik Statis
Alokasi Waktu     : 2 x 40 menit (1x pertemuan)

A. Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam  ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2     Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki sikap Jujur; Disiplin; Tanggung jawab; Toleransi; Gotong royong; Sopan santun; dan percaya diri) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

3.      Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
C. Indikator
1.      Menjelaskan pengertian listrik stats
2.      Menjelaskan gejala listrik statis

3.      Menyebutkan hewan yang mengandung listrik
D. Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian listrik statis
2.      Peserta didik dapat menjelaskan gejala listrik statis

3.      Peserta didik dapat menyebutkan contoh hewan mengandung listrik
E. Materi Ajar
·      Listrik Statis
F. Model dan Metode Pembelajaran
·      Model pembelajaran : Inkuiri Terbimbing

·      Metode pembelajaran : Eksperimen dan diskusi
G. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru menyampaikan salam kepada peserta didik
2.      Peserta didik  yang muslim membaca surat Al-Fatiha bersama guru, sedangkan peserta didik non muslim menyesuaikan.
3.      Guru mengecek kehadiran siswa.
Mengamati
4.      Apersepsi dan motivasi
·         Guru melakukan demonstrasi sebagai berikut:
Gejala listrik statis
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat mengenai demonstrasi yang telah diamati.
5.      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat mengenai demonstrasi yang telah dilakukan.
20 menit
Inti

Orientasi

Merumuskan Masalah








Merumuskan hipotesis






Mengumpulkan data

Menguji hipotesis


Merumuskan kesimpulan




1.      Guru menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dpat dica[ai oleh peserta didik.
2.      Peserta didik membentuk kelompok 5-6 anggota secara heterogen melalui bimbingan guru. Kemudian guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kepada masing-masing kelompok.
3.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkaji masalah yang terdapat pada LKPD yang telah dibagikan.
Menanya
4.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya berdasarkan masalah yang telah dikaji pada LKPD.
5.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
6.      Guru membimbing peserta didik untuk merumuskan hipotesis berdasarkan masalah yang telah dikaji pada LKPD.
Mencoba
7.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menguji hipotesis dengan melakukan percobaan listrik statis
8.      Masing-masing kelompok melakukan percobaan berdasarkan panduan pada LKPD yang telah dibagikan
Mengasosiasi
9.      Peserta didik berdiskusi dengan teman satu kelompok untuk menjawab pertanyaan yang terdapat di LKPD untuk mengevaluasi hipotesis dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan.
Mengkomunikasikan
10.  Guru memberikan kesempatan kepada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil percobaan di dalam kelas.
11.  Guru mengarahkan kelompok lain untuk memberikan tanggapan berupa pertanyaan terhadap hasil presentasi.
12.  Peserta didik pada kelompok yang menyajikan presentasi menanggapi pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain.
13.  Guru memberikan penjelasan tambahan mengenai materi yang dipresentasikan, jika diperlukan.



40
menit
Penutup
1.      Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman mengenai materi yang telah dipelajari di selembar kertas.
2.      Guru mengarahkan peserta didik mengumpulkan rangkuman yang telah ditulis di selembar kertas.
3.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik.
4.      Peserta didik  yang muslim membaca surat Al-Ikhlas bersama guru, sedangkan peserta didik non muslim menyesuaikan.
5.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam
20 menit

I. Media / Alat dan Bahan / Sumber Belajar
·           Media                        : Power Point Listrik Statis
·           Alat dan Bahan         : Polpen, kertas tisu dan kain
·           Sumber Belajar         :
1.      Buku Siswa IPA SMP kelas IX Kurikulum 2013

2.      Buku Guru IPA SMP kelas IX Kurikulum 2013
J. Penilaian
1.      Pengamatan Sikap
2.      Kegiatan Peserta Didik
3.      Tes Hasil Belajar






Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran




(                          )                                                                               (Mohammat Ari Ansar)
NIP.                                                                                                             A 202 17 003

DOWNLOAD PDF DISINI

Youtube : Pengenalan Blog

https://www.youtube.com/watch?v=LgKDOfw5xec


Playstore : Aplikasi Bahan Ajar

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ansarazhari.Bahan_ajar_listrik_statis_smp


KEMDIKBUD :

https://www.kemdikbud.go.id/

2 komentar:

  1. Wah bisa selesai tugas ku min, trims

    BalasHapus
  2. Izin copas
    Min, apa bedanya inkuiri terbimbing dan inkuiri ajaa?

    BalasHapus

MENGAPLIKASIKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE

MENGAPLIKASIKAN MEDIA PEMBELAJARAN  BERBASIS WEBSITE Silahkan download PDF-nya disini silahkan pula mendownload beberapa aplikasi ya...