Minggu, 08 April 2018

PENILAIAN MATERI LISTRIK STATIS SMP KELAS IX

PENILAIAN

Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Lembar Kegiatan Peserta Didik
Lembar Penilaian Diskusi dan Rubrik
Tes Hasil Belajar
Latihan soal di sertai kunci jawabannya

Instrumen Penilaian
Lembar pengamatan sikap
NO
Aspek yang diamati
Skala penilaian
1
2
3
1.                   
Menunjukan rasa ingin tahu
2.       
Jujur
3.       
Komunikasi
4.       
Kerjasama








Rubrik Pengamatan Sikap

Sikap
Skor
Uraian
Menunjukan rasa ingin tahu
3
Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2
Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1
Tidak menunjukan antusias dalam kegiatan kelompok, sulit terlibat aktif
Jujur
3
Siswa jujur dengan cara berterus terang mengakui kesalahan telah bekerja sama dengan temannya pada saat mengerjakan soal.
2
Siswa jujur mengakui kesalahan telah bekerja sama dengan temannya pada saat mengerjakan soal melalui teman sejawatnya.
1
Siswa tidak mengakui melakukan kesalahan telah bekerja sama dengan temannya pada saat mengerjakan soal.
Ketekunan dan tanggung jawab
3
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang dapat dilakukan, berupaya tepat waktu
2
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya yang terbaiknya
1
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas dan tugasnya tidak selesai
Berkomunikasi
3
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan ide, menghargai pendapat siswa lain
2
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
1
Tidak aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan ide, tidak menghargai pendapat siswa lain
Kerjasama
3
Setiap siswa  ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan kerja kelompok.
2
Setiap siswa ikut berpartisifasi dalam kegiatan kerja kelompok namuntidak aktif.
1
Siswa bekerja secara individual






































Keterangan:
1 = kurang                   2 = cukup                    3 = baik

Nilai = (Skor yang didapat / Skor maksimal) x 100


Lembar Penilaian Diskusi
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI

Nama Peserta Didik    : .......................
Kelas                           : .......................

No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
2
1
1.
Melakukan kegiatan berpikir 
2.
Diskusi jawaban
3.
Menyampaikan hasil diskusi pada kelompok lain
Jumlah Skor yang Diperoleh

Rubrik Penilaian
No.
Indikator
Rubrik
1.
Melakukan kegiatan berpikir 
3.    Memikirkan jawaban dengan mencari referensi dari   berbagai sumber, seperti buku paket dan internet.
2.    Memikirkan jawaban  dengan mencari referensi dari sumber internet saja.
1.    Tidak memikirkan jawaban melalui berbagai sumber.
2.
Diskusi jawaban
3.    Mendiskusikan jawaban dengan teman sekelompoknya dan menuliskannya pada lembar kegiatan peserta didik.
2.    Mendiskusikan jawaban masing-masing,    menuliskannya pada lembar kegiatan peserta didik.
1.    Mendiskusikan jawaban dengan teman sekelompoknya, tetapi tidak menuliskan pada lembar kegiatan peserta didik.
3.
Menyampaikan hasil diskusi pada kelompok lain
3.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada semua kelompok lainnya.
2.         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada sebagian kelompok lainnya.
1.         Tidak mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Tes Hasil Belajar
LATIHAN SOAL
Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.      Benda yang kelebihan elektron akan bermuatan...
     a.         Negatif
     b.         Positif
     c.         Netral
     d.        Positron
2.      Benda dikatakan bermuatan positif jika....
     a.         Dapat menarik benda lain
     b.         Kekurangan proton
     c.         Kelebihan elektron
     d.        Kekukrangan elektron
3.      Berikut ini yang bukan gejala listrik statis adalah...
     a.         Balon menempel di dinding setelah digosokan ke rambut
     b.         Buku badan tertarik oleh pakaian yang baru saja di periksa
     c.         Kedua telapak tangan terasa panas setelah saling do gosokan
     d.        Ujung sisir mampu menarik serpihan kertas setelah di gunakan untuk bersisir
4.      Gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan yang saling berdekatan di sebut...
     a.         Gaya lorentz
     b.         Gaya coulomb
     c.         Gaya gravitasi
     d.        Gaya magnet


KUNCI JAWABAN
1.         A
2.         D
3.         B
4.         B

Rubrik Penilaian Hasil Belajar
No
Nama Siswa
Skor No Soal
Skor Total
Keterangan
1
2
3
4
dst
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Nilai = (Skor yang didapat / Skor maksimal) x 100
DOWNLOAD PDFNYA DISINI

Youtube : Pengenalan Blog

https://www.youtube.com/watch?v=LgKDOfw5xec


Playstore : Aplikasi Bahan Ajar

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ansarazhari.Bahan_ajar_listrik_statis_smp


KEMDIKBUD :

https://www.kemdikbud.go.id/

2 komentar:

MENGAPLIKASIKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE

MENGAPLIKASIKAN MEDIA PEMBELAJARAN  BERBASIS WEBSITE Silahkan download PDF-nya disini silahkan pula mendownload beberapa aplikasi ya...