PENILAIAN
Teknik Penilaian
dan Bentuk Instrumen
| 
Teknik | 
Bentuk Instrumen | 
| 
Pengamatan Sikap | 
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik | 
| 
Lembar Kegiatan Peserta Didik | 
Lembar Penilaian Diskusi dan Rubrik | 
| 
Tes Hasil Belajar | 
Latihan soal di sertai kunci jawabannya | 
Instrumen Penilaian
Lembar pengamatan sikap
| 
NO | 
Aspek yang diamati | 
Skala penilaian | ||
| 
1 | 
2 | 
3 | ||
| 
1.                    | 
Menunjukan rasa ingin tahu | |||
| 
2.        | 
Jujur | |||
| 
3.        | 
Komunikasi | |||
| 
4.        | 
Kerjasama | |||
Rubrik Pengamatan Sikap
| 
Sikap | 
Skor | 
Uraian | 
| 
Menunjukan rasa ingin tahu | 
3 | 
Menunjukan rasa ingin tahu yang
  besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok | 
| 
2 | 
Menunjukan rasa ingin tahu, namun
  tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
  ketika disuruh | |
| 
1 | 
Tidak menunjukan antusias dalam
  kegiatan kelompok, sulit terlibat aktif | |
| 
Jujur | 
3 | 
Siswa jujur dengan cara berterus
  terang mengakui kesalahan telah bekerja sama dengan temannya pada saat
  mengerjakan soal. | 
| 
2 | 
Siswa jujur mengakui kesalahan
  telah bekerja sama dengan temannya pada saat mengerjakan soal melalui teman
  sejawatnya. | |
| 
1 | 
Siswa tidak mengakui melakukan
  kesalahan telah bekerja sama dengan temannya pada saat mengerjakan soal. | |
| 
Ketekunan dan tanggung jawab | 
3 | 
Tekun dalam menyelesaikan tugas
  dengan hasil terbaik yang dapat dilakukan, berupaya tepat waktu | 
| 
2 | 
Berupaya tepat waktu dalam
  menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya yang terbaiknya | |
| 
1 | 
Tidak berupaya sungguh-sungguh
  dalam menyelesaikan tugas dan tugasnya tidak selesai | |
| 
Berkomunikasi | 
3 | 
Aktif dalam tanya jawab, dapat
  mengemukakan ide, menghargai pendapat siswa lain | 
| 
2 | 
Aktif dalam tanya jawab, tidak
  ikut mengemukakan ide, kurang menghargai pendapat siswa lain | |
| 
1 | 
Tidak aktif dalam tanya jawab,
  tidak ikut mengemukakan ide, tidak menghargai pendapat siswa lain | |
| 
Kerjasama | 
3 | 
Setiap siswa  ikut
  berpartisipasi aktif dalam kegiatan kerja kelompok. | 
| 
2 | 
Setiap siswa ikut berpartisifasi
  dalam kegiatan kerja kelompok namuntidak aktif. | |
| 
1 | 
Siswa bekerja secara individual | 
Keterangan:
1 =
kurang                   2
=
cukup                    3
= baik
Nilai = (Skor yang didapat / Skor maksimal) x 100
Lembar
Penilaian Diskusi
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI
Nama Peserta Didik    :
.......................
Kelas                           :
.......................
| 
No. | 
Indikator | 
Hasil Penilaian | ||
| 
3 | 
2 | 
1 | ||
| 
1. | 
Melakukan kegiatan berpikir  | |||
| 
2. | 
Diskusi jawaban | |||
| 
3. | 
Menyampaikan hasil diskusi pada kelompok lain | |||
| 
Jumlah Skor yang Diperoleh | ||||
Rubrik Penilaian
| 
No. | 
Indikator | 
Rubrik | 
| 
1. | 
Melakukan kegiatan berpikir  | 
3.    Memikirkan jawaban dengan
  mencari referensi dari   berbagai sumber, seperti buku paket
  dan internet. 
2.    Memikirkan
  jawaban  dengan mencari referensi dari sumber internet saja. 
1.    Tidak memikirkan jawaban
  melalui berbagai sumber. | 
| 
2. | 
Diskusi jawaban | 
3.    Mendiskusikan jawaban dengan
  teman sekelompoknya dan menuliskannya pada lembar kegiatan peserta didik. 
2.    Mendiskusikan jawaban
  masing-masing,    menuliskannya pada lembar kegiatan
  peserta didik. 
1.    Mendiskusikan jawaban dengan
  teman sekelompoknya, tetapi tidak menuliskan pada lembar kegiatan peserta
  didik. | 
| 
3. | 
Menyampaikan hasil diskusi pada kelompok lain | 
3.    Mempresentasikan hasil
  diskusi kelompok pada semua kelompok lainnya. 
2.         Mempresentasikan
  hasil diskusi kelompok pada sebagian kelompok lainnya. 
1.         Tidak
  mempresentasikan hasil diskusi kelompok. | 
Tes Hasil Belajar
LATIHAN SOAL
Pilihlah jawaban yang paling
tepat!
1.      Benda yang
kelebihan elektron akan bermuatan...
     a.         Negatif
     b.         Positif
     c.         Netral
     d.        Positron
2.      Benda dikatakan
bermuatan positif jika....
     a.         Dapat
menarik benda lain
     b.         Kekurangan
proton
     c.         Kelebihan
elektron
     d.        Kekukrangan
elektron
3.      Berikut ini yang
bukan gejala listrik statis adalah...
     a.         Balon
menempel di dinding setelah digosokan ke rambut
     b.         Buku
badan tertarik oleh pakaian yang baru saja di periksa
     c.         Kedua
telapak tangan terasa panas setelah saling do gosokan
     d.        Ujung
sisir mampu menarik serpihan kertas setelah di gunakan untuk bersisir
4.      Gaya tarik atau
gaya tolak antara dua muatan yang saling berdekatan di sebut...
     a.         Gaya
lorentz
     b.         Gaya
coulomb
     c.         Gaya
gravitasi
     d.        Gaya
magnet
KUNCI JAWABAN
1.         A
2.         D
3.         B
4.         B
Rubrik Penilaian Hasil Belajar
| 
No | 
Nama Siswa | 
Skor No Soal | 
Skor Total | 
Keterangan | ||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
dst | ||||
| 
1. | ||||||||
| 
2. | ||||||||
| 
3. | ||||||||
| 
4. | ||||||||
| 
5. | ||||||||
| 
6. | ||||||||
| 
7. | ||||||||
| 
8. | ||||||||
| 
9. | ||||||||
| 
10. | ||||||||
Nilai = (Skor yang didapat / Skor maksimal) x 100
Youtube : Pengenalan Bloghttps://www.youtube.com/watch?v=LgKDOfw5xec
Playstore : Aplikasi Bahan Ajar
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ansarazhari.Bahan_ajar_listrik_statis_smp
KEMDIKBUD :
https://www.kemdikbud.go.id/
 
 
Thanks again, izin copas min untuk tugas kikuli
BalasHapusTugas kuliah mksdnya
BalasHapus