Selasa, 24 April 2018

LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS (LMS)



LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS
(LMS)






OLEH :
MOHAMMAT ARI ANSAR                          A 202 17003


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SAINS
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS TADULAKO
2018








BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Pengembangan  pembelajaran jarak jauh perlu memperhatikan analisis  resiko,  deskripsi global setiap sistem, struktur personalia, jadwal dan rancangan biaya. Ada kemungkinan aturan sistem akan mengalami perubahan  jika pendidikan jarak jauh tersebut sudah dilaksanakan.
Salah satu cara menangani resiko tersebut adalah dengan menggunakan  LMS (Learning Management System)  open source yang gratis. LMS ini akan disesuaikan (di-customize) dengan  keperluan  pembelajaran jarak jauh,  berisi materi-materi dalam kompetensi  pedagogik dan profesional, yang dibuat dengan kemasan multimedia (teks, animasi, video, sound).
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan Learning Management Systems (LMS)?
2.      Apa saja fitur-fitur yang ada pada LMS?
3.      Apa saja aplikasi LMS?
C.     TUJUAN
1.      Mengetahui Learning Management Systems (LMS)
2.      Mengetahui fitur-fitur yang ada pada LMS
3.      Mengetahui apa saja aplikasi LMS






BAB II
PEMBAHASAN
A.    LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS (LMS)
LMS adalah Suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengelola (keperluan administrasi), dokumentasi, materi dan bahan ajar pelatihan serta laporan kegiatan belajar mengajar secara online (terhubung ke internet). Dengan kata lain, LMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola kegiatan dan hasil-hasil pembelajaran. 
Saat ini ada banyak jenis LMS yang ditawarkan, setiap jenis LMS memiliki fitur-fiturnya masing-masing sesuai dengan fasilitas yang telah diberikan.
Fungsi secara umum yang harus dimiliki LMS antara lain :
a.       Uploading and sharing material : LMS menyediakan layanan untuk mempermudah proses publikasi material proses pembelajaran. Instruktur akan meng-upload materi ajar sesuai dengan silabus yang telah dibuat, bisa berupa catatan materi, artikel-artikel, quiz, penilaian dan lainnya.
b.      Forum and chat : Forum dan chatting online merupakan komunikasi dua arah antara instruktur/pengajar dengan siswanya, baik dilakukan secara sinkron (chat), maupun asinkron (forum, email). Dengan fasilitas yang ada ini memungkinkan peserta didik untuk menulis tanggapannya, dan mendiskusikannya dengan teman-temannya yang lain.
c.       Quizzes and surveys : kuis dan survei secara online dapat memberikan grade secara instan bagi peserta didik. Hal ini  merupakan tool yang sangat baik digunakan untuk mendapatkan respon (feedback) langsung dari peserta didik yang sesuai dengan kemampuan dan daya serap yang mereka miliki.
d.      Gathering and reviewing assignment : hasil yang diperoleh dari evaluasi/monitoring keberhasilan pembelajaran yaitu pemberian nilai atau skor kepada peserta didik dilakukan secara otomatis dan online.
e.       Recording grades : untuk evaluasi peserta didik dalam LMS telah ada fasilitas untuk pemantauan dan perekaman data grade dari peserta didik secara otomatis.
           LMS  mempunyai ruang lingkup :
a.       Administrasi
b.      Penyampaian materi
c.       Penilaian
d.      Monitoring
e.       Komunikasi
Pengelola LMS terdiri dari tiga bagian dengan fungsinya, yaitu :
a.       Administrator
a).    Pendaftaran peserta/siswa
b).    Menentukan pengajar dan materi
c).    Melakukan back up data
d).   Pengelolaan website
b.      Pengajar/instruktur
a).    Membuat silabi
b).    Manajemen file
c).    Membuat soal tes, quiz
d).   Memonitor aktivitas peserta/siswa
e).    Berinteraksi dengan peserta/siswa (forum, chat, email)
f).     Melihat kemajuan peserta/siswa
c.       Peserta/siswa
a).    Akses silabi, materi
b).    Melihat hasil penilaian
c).    Mengerjakan tes/quiz
d).   Berinteraksi dengan pengajar dan peserta/siswa lainnya (forum, chat, email)
B.     FITUR-FITUR LMS
LMS umumnya menyediakan beberapa fitur, diantaranya :
a.       Manajemen pembelajaran, seperti hak akses user ke suatu materi, dapat sebagai pengajar, atau murid , tenggang waktu pembelajaran, materi perminggu, dll.
b.      Menyediakan pelaporan aktivitas dan nilai dari murid.
c.       Media komunikasi antara pengajar dengan murid, dalam bentuk forum, chat, blog dan wiki.
d.      Menyediakan sarana pengumpulan tugas, quiz dan ujian.
e.       Menyediakan data repository (tempat penyimpanan) materi  yang sedang diambil
C.      APLIKASI LMS 
a).    MOODLE; Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam ruang kelas digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment.
b).    CLAROLINE; Claroline adalah platform open source e-learning dan memungkinkan para pengajar untuk membangun kelas online dan efektif untuk mengelola kegiatan pembelajaran dan kolaborasi di web. Claroline sudah diterjemahkan ke dalam 35 bahasa, serta memiliki pengguna dan pengembang komunitas di seluruh dunia. Claroline telah dikembangkan berikut pengalaman dan kebutuhan pedagogis guru. Menawarkan intuitif dan ruang administrasi antarmuka yang jelas. Manajemen platform hariannya tidak memerlukan kemampuan teknis khusus. Platform yang cepat terpasang dan penggunaan web browser memungkinkan untuk mengelola berbagai kursus dan bagian pengguna terdaftar dengan lancar. Konsep ruang platform Claroline yang diselenggarakan berkaitan dengan suatu program atau kegiatan pedagogis. Setiap ruang menyediakan daftar alat-alat yang memungkinkan untuk membuat isi pembelajaran, mengelola kegiatan pelatihan dan berinteraksi dengan para peserta didik.
c).    DOKEOS; Dokeos adalah jenis dari sekian banyak LMS yang berkembang. Dokeos adalah e-learning tools untuk aplikasi berbasis web. Dokeos ini gratis dan dokeos adalah software yang direlease oleh GNU GPL dan pengembangannya didukung oleh dunia internasional. Sistem operasinya bersertifikasi yang bisa digunakan sebagai konten dari sistem managemen untuk pendidikan. Kontennya meliputi distribusi bahan pelajaran , kalender, progres pembelajaran, percakapan melalui text/audio maupun video, latihan dan test, serta menyimpan catatan.
d).   JOOMLA; Joomla merupakan pengembangan dari open source project Mambo, yang dahulu sering disebut sebagai Mambo Open Source atau MOS. Digunakan untuk membuat atau membangun sebuah website dinamis yang dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukungnya.
e).    aTutor; aTutor adalah sebuah LMS yang dirancang dengan kemampuan akses cepat dan kemudahan adaptasi. Admin dapat meng-install (juga meng-update) aTutor, mengatur tema baru, dan dengan mudah mengembangkan semua fungsinya dengan modul fitur dengan mudah dan cepat. Siswa dapat dengan  cepat menambahkan, mengemas, dan mendistribusi ulang konten instruksi berbasis Web, dengan mudah mengimpor konten paket kemasan baru dan menggabungkan kursus secara online. Siswa belajar dalam lingkungan pembelajaran adaptif.
f).     DOCEBO; Docebo LMS merupakan software open-source paket untuk e-learning (LMS - Learning Management System dan LCMS - Learning Content Management System), seluruhnya dibuat dan dikembangkan oleh Docebo Srl. Program, yang dirilis di bawah lisensi GPL, tidak memiliki biaya lisensi.


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Penggunaan LMS open source yang gratis adalah salah satu solusi dari sisi biaya pada proses pembelajaran menggunakan media internet. Secara umum, fungsi LMS memiliki antara lain layanan untuk publikasi dan unduh materi, forum komunikasi baik sinkron maupun asinkron, latihan/ujian, penugasan, dan penilaian.


DAFTAR PUSTAKA

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/PJJ_TIK/PJJ_TIK-Learning_Management_System_%28LMS.pdf
 http://galleryimran.blogspot.com/2012/12/cms-open-source-untuk-web-e-learning.html
 http://lenterabelajar.blogspot.com/2012/03/open-source-e-learning-claroline.html
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2358/BAB%20II.pdf?sequence=3
http://vinsensiusng.blog.binusian.org/?p=4
 http://www.m-edukasi.web.id/2012/11/teknologi-e-learning.html
http://www.slideshare.net/wilycahyadi/lms-dan-lcms-wily
http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/teknologi-informasi/1394-lms
http://zonasainskita.blogspot.co.id/2015/06/definisi-learning-management-system.html
https://achmadarifudinsite.wordpress.com/2016/02/03/apa-itu-learning-management-system-lms/
https://fathimah1.wordpress.com/2012/12/27/cms-joomla/
https://id.wikipedia.org/wiki/Learning_Management_System
https://medium.com/@eskadia/sejarah-singkat-perkembangan-learning-management-system-8b0937544536
DOWNLOAD PDF-NYA DISINI

Youtube : Pengenalan Blog



Playstore : Aplikasi Bahan Ajar




KEMDIKBUD :

https://www.kemdikbud.go.id/

3 komentar:

  1. Artikel yang menarik, sangat membantu 👍👍
    Min, mau tanya gmna cara pengaplikasiannya?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sangat bagus, menambah wawasan. Artikel ini paling dicari sekarang 👍

    BalasHapus

MENGAPLIKASIKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE

MENGAPLIKASIKAN MEDIA PEMBELAJARAN  BERBASIS WEBSITE Silahkan download PDF-nya disini silahkan pula mendownload beberapa aplikasi ya...